Tutorial Menggunakan HP Android untuk Pemula : 3

Bookmark and Share

Kamarin sempat memposting Tutorial Menggunakan Handphone Android Bagian 2, saatnya melanjutkan tutorial cara menggunakan handphone Android bagian ke 3 :

16. Cara Mengaktifkan Wi-Fi dan Koneksi Internet Menggunakan WiFi
Untuk mengaktifkan Wi-Fi, pergi ke layar utama dengan menekan tombol HOME > tekan tombol MENU >  pilih settings (Pengaturan)  > pilih Wireless & Networks (Nirkabel dan Jaringan) >  aktifkan Wi-Fi dengan cara memberi tanda centang / check list.
Pada beberapa tipe ponsel Android telah disediakan widget  “Power Control” untuk kemudahan mengaktifkan / menonaktifkan Wi-Fi, Bluetooth, dan GPS. Untuk menggunakan widget tersebut, yang perlu anda lakukan adalah menyentuh tombol HOME > pada layar utama SENTUH DAN TAHAN layar > cari widget Power Control.
Untuk menggunakan koneksi internet melalui jaringan wi-fi, setelah Wi-Fi diaktifkan > masuk ke  Settings (Pengaturan)  > Wireless & Networks (Nirkabel dan Jaringan) > Wi-Fi settings (pengaturan Wi-Fi) > Tunggu beberapa saat agar handphone Android dapat mendeteksi semua jaringan wi-fi yang aktif > pilih jaringan wi-fi / hot spot yang mau digunakan (jika ada beberapa). Apabila diminta password, maka pengguna harus menanyakan passwordnya ke pemiliki hot spot/jaringan.


17. Cara Mengaktifkan Fitur USB dan Wi-Fi Tether (Portable Hotspot)
Metode ini hanya berlaku untuk handphone Android yang menggunakan sistem operasi Android 2.2 Froyo keatas. Untuk Android 2.1 Eclair ke bawah, fitur ini tidak tersedia, kecuali dilakukan root terlebih dahulu.

Cara mengaktifkan Wi-Fi tether atau menjadikan handphone Android sebagai “modem” via Wi-Fi:
  1. Masuk ke menu Settings (pengaturan)
  2. Klik Wireless & Network (nirkabel dan jaringan)
  3. Klik Tethering & Portable Hotspot (pengikatan & hotspot portable)
  4. Beri tanda centang di Portable Wi-Fi Hot Spot (hot spot wi fi portable) atau pada beberapa tipe handphone Android, tulisannya adalah Mobile AP. Pengaturan lainnya tidak terlalu diperlukan.
  5. Setelah itu Anda hanya perlu mengaktifkan wi-fi di perangkat elektronik lainnya , misalnya laptop, tablet atau handphone lainnya dan ikuti prosedur di perangkat lain untuk dapat terkoneksi ke internet.
Cara menjadikan handphone Android sebagai modem menggunakan koneksi USB:
  1. Pastikan Anda sudah memiliki kabel data dan driver handphone sudah diinstall di komputer (driver biasa disertakan di CD pada paket penjualan - contoh Samsung Kies untuk Samsung Android).
  2. Hubungkan handphone Android dengan komputer menggunakan kabel data
  3. Masuk ke Settings (Pengaturan)
  4. Wireless & Network (Nirkabel dan Jaringan)
  5. Tethering & Portable Hotspot (Pengikatan & Hotspot Portable)
  6. Beri tanda centang pada tulisan “USB Tethering”
  7. Tunggu sebentar, komputer Anda sudah terhubung ke internet

18. Cara Mengaktifkan / Menonaktifkan Bluetooth
Untuk mengaktifkan Bluetooth, pergi ke layar utama dengan menekan tombol HOME > tekan tombol MENU >  pilih settings (Pengaturan)  > pilih “Wireless & Networks” (Nirkabel dan Jaringan) >  aktifkan Bluetooth dengan cara memberi tanda centang / check list.
Tutorial Cara Menggunakan Handphone Android untuk Pemula

19. Cara Mengirim File Lewat Bluetooth Android
Untuk dapat mengirim file seperti Gambar, Video, dll yang harus anda lakukan adalah pergi ke Gallery atau lokasi dimana file-file pribadi anda diletakkan > pilih menu share atau “berbagi” >  pilih Bluetooth. Ponsel Android akan secara otomatis mencari perangkat yang Bluetooth-nya sedang aktif, setelah tertera pada layar, silahkan pilih perangkat yang hendak menerima file.
Beberapa pengguna handphone Android mengatakan bahwa ada jenis-jenis file yang tidak dapat dikirimkan oleh HP Android, misalnya file music. Hal ini tidaklah benar, untuk mengirimkan file music, anda dapat menggunakan aplikasi file manager. Apabila aplikasi tersebut tidak terdapat pada ponsel, anda dapat mengunduhnya (download) secara gratis dari Android Market.
Cara mengirimkan file menggunakan Bluetooth melalui aplikasi file manager caranya tidak ada berbeda seperti mengirim file lewat Gallery. Berikut caranya: Install aplikasi File Manager seperti Astro File Manager atau Dual File Manager > setelah terinstall, buka aplikasinya > cari file yang ingin dikirim > klik dan tahan pada file tersebut hingga muncul pilihan menun > pilih share atau terkadang ditulis send (tergantung aplikasi file manager yang digunakan) > pilih Bluetooth.

20. Cara Menerima File Lewat Bluetooth Android
Untuk dapat menerima file lewat Bluetooth untuk pertama kalinya, selain Bluetooth pada handphone anda harus aktif, anda juga harus membuat HP Android anda “terdeteksi” atau visible atau Discoverable.
Caranya pergi ke layar utama dengan menekan tombol HOME > tekan tombol MENU >  pilih settings (Pengaturan) > pilih “Wireless & Networks” (Nirkabel dan Jaringan) > pilih “Pengaturan Bluetooth” (Bluetooth settings) > beri tanda centang pada pilihan “Terdeteksi” (dapat terlihat) atau “Discoverable”. Handphone Android anda akan dapat terdeteksi oleh perangkat lainnya selama beberapa saat.

21. Cara Uninstall Aplikasi Android
Untuk menghapus aplikasi Android dari ponsel anda, yang harus anda lakukan adalah pergi ke layar utama dengan menekan tombol HOME > tekan tombol MENU >  pilih settings / Pengaturan > pilih “Applications” atau “Aplikasi” >  “Manage Applications” (Kelola Aplikasi) > pilih aplikasi yang hendak dihapus lalu pilih “Uninstall” (Hapus Aplikasi)

22. Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card
Jika Sistem Operasi Android Anda adalah versi 2.2 Froyo atau lebih baru, Anda dapat memindahkan game atau aplikasi Android ke SD Card dengan cara menekan tombol HOME > tekan tombol MENU >  pilih settings (Pengaturan) > pilih Applications (Aplikasi) > Manage Applications (Kelola Aplikasi) > klik aplikasi yang mau dipindahkan ke SD card > sentuh Move to SD card (Pindahkan ke SD card).
Jika Anda adalah pengguna Android versi 2.1 Eclair atau sebelumnya, maka untuk memindahkan aplikasi ke SD Card, Anda harus melakukan root Android terlebih dahulu, lalu menginstall aplikasi tambahan seperti App2SD.

23. Cara Mengaktifkan / Menonaktifkan fitur GPS atau A-GPS
Untuk menyalakan atau mematikan GPS dapat dilakukan dengan cara menekan tombol HOME > tombol MENU > Settings (pengaturan) > Location & Security (keamanan & Lokasi) >bila ingin mengaktifkan GPS, beri tanda centang pada tulisan “Use GPS Sattelites” (Gunakan Satelit GPS), bila ingin dimatikan, jangan beri tanda Centang atau di kosongkan.

A-GPS atau Assisted GPS adalah fitur untuk mempercepat locking satelit dengan menggunakan bantuan (assist) jaringan telepon yang digunakan. Fitur A-GPS akan menggunakan sedikit pulsa (data) pada saat menentukan lokasi pengguna Android saat ini. Menurut kami fitur ini tidak usah dimatikan, karena penggunaan pulsa hanya pada saat proses lock satelit saja, setelah itu tidak lagi. Namun bila Anda tetap ingin mematikannya bisa dilakukan melalui menu Settings (pengaturan) > Location & Security (keamanan & Lokasi) > cari tulisan “Use Assisted GPS” (Gunakan GPS Berbantu) > jangan di centang / dibiarkan kosong. Bila tulisan “Assisted GPS” tidak ditemukan, cari tulisan “Use wireless Networks” (Gunakan Jaringan Nirkabel).

24. Cara Melakukan Factory Reset (menghapus semua data dan aplikasi telepon)
Factory reset akan menghapus semua data-data dan juga aplikasi yang tersimpan di handphone Android. Setelah Factory reset, software handphone akan kembali ke kondisi seperti baru dibeli. Factory reset diperlukan ketika, misalnya ingin menjual handphone atau bila performa handphone dirasa sudah menurun atau tidak bekerja dengan semestinya.
Untuk melakukan Factory Reset silahkan masuk ke menu Settings (pengaturan) > Privacy (privasi) > Factory data reset (reset data pabrik). Ingatlah untuk mem back up data-data yang penting terlebih dahulu sebelum melakukan factory reset.

25. Cara Backup Aplikasi Android
Bila Anda ingin melakukan factory reset atau memiliki handphone Android baru namun tidak mau men download ulang aplikasi-aplikasi yang lama, maka sebaiknya Anda melakukan Backup aplikasi Android terlebih dahulu.

26. Cara Backup Contact (nomor telepon) Android
Anda dapat membackup Contact / nomor telepon, fax, email, note, dll ke SD Card. Caranya masuk ke aplikasi Contacts / People / Phonebook > tekan tombol MENU > klik Import/Export (Impor/Ekspor)> klik Export to SD Card (Ekspor ke SD card).

27. Cara menutup aplikasi Android
Untuk menutup atau mematikan aplikasi Android seandainya tidak dapat menemukan tombol Exit atau keluar, coba tekan tombol MENU terlebih dahulu, setelah itu cari tombol Exit-nya. Aplikasi dapat juga dimatikan menggunakan program task killer atau task manager Android.
Sebenarnya aplikasi android tidak perlu dimatikan. Anda dapat menekan tombol HOME saja dan aplikasi akan berjalan di latar (background). Aplikasi yang berjalan di background tidak akan memberatkan sistem selama tidak menggunakan CPU. Info lebih lanjut mengenai masalah ini dapat membaca artikel: “hati-hati menggunakan task killer Android”. (klik).

28. Cara Menggunakan Aplikasi File Manager
Untuk informasi cara copy paste, memindahkan, menghapus, rename (ganti nama) file, transfer file dari Android ke komputer PC dan sebaliknya, dll dapat membaca artikel berikut: “Cara Menggunakan Aplikasi File Manager” (klik)

Demikianlah tutorial cara penggunaan Android dari kami, apabila ada yang ingin ditanyakan, kurang lengkap atau kurang jelas, bisa anda tuliskan pada form komentar dibawah.

Terima Kasih. Semoga bermanfaat.

{ 3 comments... Views All / Send Comment! }

Eddy Peterzon said...

gan, q mw tnya.hpku sony experia 8, kalo dpt kiriman file lewat bloetooth, ketika dibuka ada keterangan "berkas tidak ada".tapi kalo buat ngirim file bisa.gmana nich?
thanx sblumnya.

Unknown said...

Wah... bermanfaat sekali... Terima kasih atas sharing ilmunya...

gi man said...

Trims,

Post a Comment