Tutorial Menggunakan Handphone Android untuk Pemula

Bookmark and Share

Apakah anda baru membeli handphone Android namun bingung untuk menggunakannya? Bila ya, ada sebaiknya anda membaca postingan kami kali ini. Kami akan sedikit memberikan tutorial kepada Anda cara menggunakan Android untuk Pemula.
Tutorial Cara Menggunakan Handphone Android

Memang tidak semua ponsel Android memiliki tampilan antar muka (interface) yang sama, namun cara yang kami ajarkan adalah cara yang biasa digunakan pada handphone Android pada umumnya. Tutorial dibawah mungkin agak cukup banyak, jadi disarankan agar membookmark blog ini atau langsung di save :D.

Langkah pertama, handphone Android mengharuskan Anda untuk memiliki akun Google agar dapat menikmati semua fitur yang disediakan, misalnya untuk dapat menggunakan fasilitas Android Market. Berikut adalah langkah-langkah memasukkan akun Google ke dalam handphone atau tablet Android:
  1. Isi pulsa / daftar paket internet terlebih dahulu atau kalau lagi berada di hotspot area lebih baik menggunakan WiFi (gratis kan he..he..)
  2. Pastikan koneksi internet sudah aktif. Coba buka aplikasi browser internet, kalau bisa membuka halaman website, berarti koneksi internet Anda sudah aktif. Kalau tidak bisa terkoneksi ke internet, cek pengaturannya.
  3. Cara setting akun Google:
  • Dari layar utama, tekan tombol MENU
  • Klik Settings (Pengaturan)
  • Klik Accounts & Sync (Akun dan Sinkronisasi)
  • Klik Add Account (Tambahkan Akun) > Klik Google > Klik Next (lanjut)
  • Klik Google: Kalau sudah memiliki akun Google, misalnya akun Gmail atau akun Youtube, maka pilih Sign In > isi nama akun Google dan password Anda. Kalau belum memiliki akun Google, click “Create” > isi kolom-kolom yang dibutuhkan hingga selesai. Seandainya Anda kesulitan untuk membuat akun menggunakan handphone Android, maka Anda dapat membuat akun Google menggunakan komputer. Caranya pergi ke website www.gmail.com lalu klik “Create an Account” > isi data-data yang diperlukan.
Setelah Anda membuat akun Google / Gmail, Anda tinggal Sign In di perangkat Android Anda melalui menu Settings (Pengaturan) seperti cara diatas atau dengan cara membuka aplikasi Market lalu masukkan akun Google yang baru dibuat.

Catatan:
  1. Ingat, kalau perlu catat nama akun Gmail dan Password Anda, karena ini penting.
  2. Tidak mudah untuk dapat mengganti akun Google yang sudah terintegrasi dengan handphone, oleh karena pilih akun yang memang benar-benar Anda akan gunakan atau jangan masukkan akun sembarangan untuk dijadikan akun utama. 
Setelah Anda berhasil melakukan setup Account Android, selanjutnya mengenai cara menggunakan handphone Android untuk pemula sebagai berikut :

1. Cara Unlock Screen (membuka kunci telepon)
Tekan pada ikon “gambar gembok” dan tahan, jangan dilepaskan sambil ditarik ke arah panah, biasanya ditarik ke arah kanan hingga handphone tidak terkunci lagi.

2. Cara Lock Screen (mengunci telepon)
Anda cukup menekan tombol power / on-off, namun tombol jangan ditahan, layar akan mati dan telepon akan otomatis terkunci.

3. Fungsi Tombol-Tombol pada Handphone Android
Untuk mengoperasikan handphone Android, selain menggunakan layarnya, biasanya handphone akan dilengkapi oleh minimal 3 buah tombol fisik atau tombol sentuh yang (biasanya) akan diletakkan tepat dibawah layar.

Tutorial Cara Menggunakan Handphone Android

Ketiga tombol tersebut adalah tombol MENU, tombol HOME dan tombol BACK. Urutan penempatan tombol bisa saja berbeda antara satu HP dengan HP lainnya. Jika hanya terdiri dari tiga buah tombol, maka tombol HOME biasanya adalah tombol yang terletak di tengah.

Tombol MENU berguna untuk menampilkan pilihan tambahan dari setiap aktifitas yang dilakukan. Misalnya pada saat anda berada di home screen atau layar utama, bila anda menekan tombol MENU, maka akan muncul pilihan Setting, Wallpaper, Notifications, dan lain-lain.

Tombol HOME berguna untuk membawa anda ke home screen atau kembali ke layar utama.

Berlanjut ke Tutorial Selanjutnya.


{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment